Senin, 24 Januari 2011

Tugas Biologi VIII - 3 :)

FOTOSINTESIS

Tugas Biologi
Kelas VIII – 3
KELOMPOK 6 :
Yunistya Dwi Cahyani (ketua)
Ahmad Nurhasan Hilmi
Dhea Senna Oktaviananda
Hana Mufida Hadini
Riezqie Ayu Samodraningtyas
Satria Adhitama
Tirta Ramadhan

SMPN 2 Depok
2011

1.      FOTOSINTESIS

a)      Pengertian Fotosintesis
Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri dengan mengguna-kan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan dari sinar matahari. Fotosintesis juga merupakan proses kimia-fisika dengan menggunakan energi cahaya matahari yang berlangsung di dalam kloroplas.

Fotosintesis hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan dan ganggang hijau yang bersifat autotrof. Artinya, keduanya mampu menangkap energi matahari untuk menyintesis molekul- molekul kaya energi dari precursor anorganik H2O dan CO2. Sementara itu, hewan dan manusia tergolong hetetrotof, yaitu memerlukan suplai senyawa- senyawa organik dari lingkungan (tumbuhan) karena hewan dan manusia tidak dapat menyintesis karbohidrat. Oleh karena itu, hewan dan manusia sangat bergantung pada organisme autotrof.

Fotosintesis terjadi di dalam kloroplas. Kloroplas merupakan organel plastida yang mengandung pigmen hijau daun (klorofil). Sel yang mengandung kloroplas terdapat pada mesofil daun tanaman, yaitu sel- sel jaringan tiang (palisade) dan sel- sel jaringan bunga karang (spons). Di dalam kloroplas terdapat klorofil pada protein integral membran tilakoid. Selain klorofil, di dalam kloroplas juga terdapat pigmen karotenoid, antosianin, dan fikobilin.
Karotenoid mampu menyerap cahaya biru kehijauan dan biru keunguan serta memantulkan cahaya merah, kuning, dan jingga. Antosianin dan fikobilin merupakan pigmen merah dan biru. Antosianin banyak ditemukan pada bunga, sedangkan fikobilin banyak ditemukan pada kelompok ganggang merah dan Cyanobacteria.
Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi. Organisme yang menghasilkan energy melalui fotosintesis (photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof.

Dalam fotosintesis, dihasilkan karbohidrat dan oksigen. Oksigen sebagai hasil sampingan dari fotosintesis, volumenya dapat diukur, oleh sebab itu untuk mengetahui tingkat produksi fotosintesis adalah dengan mengatur volume oksigen yang dikeluarkan dari tumbuhan itu sendiri.

Sedangkan, karbohidrat digunakan sebagai sumber energi dan bahan untuk membuat senyawa lain yang dibutuhkan tumbuhan. Sebagian karbohidrat ini disimpan sebagai cadangan makanan. Jika tumbuhan dimakan hewan atau manusia, maka terjadi perpindahan energi dari energi matahari menjadi energi kimia dalam tumbuhan kemudian berpindah ke tubuh hewan atau manusia. Jika hewan itu dimakan hewan lain, maka akan disertai pula dengan perpindahan energi . Jadi, sumber energi utama bagi kehidupan di bumi ini adalah matahari.

Di dalam tumbuhan, karbohidrat juga protein, lemak, vitamin, atau senyawa lain. Senyawa-senyawa lain tersebut tidak hanya dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri, tapi juga dimanfaatkan oleh makhluk hidup lainnya. Fotosintesis melibatkan berbagai reaksi kimia yang kompleks.

b)      Syarat-syarat terjadinya fotosintesis
Dari reaksi di atas, dapat diketahui syarat-syarat berlangsungnya proses fotosintesis, yaitu :
-    Karbon dioksida (CO2), diambil dari tumbuhan oleh udara bebas melalui stomata (mulut daun)
-    Air, diambil dari dalam tanah oleh akar dan diangkut ke daun melalui pembuluh kayu (xylem)
-    Cahaya matahari
-    Klorofil (zat hijau daun), sebagai penerima energi dari cahaya matahari untuk proses fotosintesis

c)      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis
Fotosintesis dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, sebagai berikut.
-    Konsentrasi karbondioksida (CO2) di udara. Semakin tinggi konsentrasinya, maka laju fotosintesisnya semakin meningkat juga
-    Klorofil, semakin banyak jumlah klorofil dalam daun maka proses fotosintesis berjalan lebih cepat. Pembentukan klorofil memerlukan cahaya matahari. Kecambah yang ditumbuhkan di tempat gelap tidak dapat membuat klorofil dengan sempurna. Kecambah ini dikatakan mengalami etiolasi, yaitu tumbuh sangat cepat (lebih tinggi atau panjang dari seharusnya), batang dan daunnya kelihatan pucat karena tidak mengandung klorofil. Umur daun juga mempengaruhi laju fotosintesis. Semakin tua daunnya, kemampuan fotosintesis semakin berkurang dengan adanya perombakan klorofil dan berkurangnya fungsi kloroplas.
-    Cahaya, intesitas cahaya yang cukup diperlukan agar fotosintesis berlangsung dengan efisien
-    Air, ketersediaan air mempengaruhi laju fotosintesis karena air merupakan bahan baku dalam proses fotosintesis
-    Suhu, umumnya semakin tinggi suhunya, laju fotosintesis akan meningkat, demikian juga sebaliknya. Namun bila suhunya terlalu tinggi, fotosintesis akan berhenti karena enzim-enzim yang berperan dalam fotosintesis rusak. Oleh karena itu, tumbuhan mengkehendaki suhu optimum (tidak terlalu rendah atau tinggi) agar fotosintesis berjalan secara efisien.

d)      Proses Fotosintesis
Proses fotosintesis dibagi menjadi dua tahap, yaitu :

1.      Reaksi terang
Pada tahap reaksi terang, diperlukan cahaya. Reaksi terang berlangsung di membran tilakoid. Cahaya matahari yang ditangkap oleh klorofil digunakan untuk memecah molekul air. Pemecahan ini disebut fotolisis yang dapat mengakibatkan molekul air pecah menjadi oksigen (O2), ion hidrogen (H+), dan melepaskan elektron. Elektron akan berjalan pada sistem transport elektron dengan mengaktifkan enzim ATP-sintase untuk menghasilkan ATP. Ion hidrogen ditangkap oleh NADP menjadi NADPH2. Keseluruhan reaksi ini terjadi jika ada terdapat sinar matahari sehingga disebut reaksi terang. Hasil reaksi terang adalah ATP, NADPH2, dan oksigen (O2). Oksigen dikeluarkan melalui stomata di epidermis daun.

2.      Reaksi gelap
Pada tahap ini, fotosintesis berlangsung tanpa cahaya. Reaksi gelap berlangsung di stroma. Pada reaksi gelap diperlukan karbondioksida (CO2). ATP dan NADPH yang dihasilkan dalam proses fotosintesis memicu terjadinya reaksi gelap (siklus Calvin). Pada proses ini, terjadi pengikatan karbondioksida (CO2) di dalam daun. Karbon dioksida ini akan bergabung dengan ion hydrogen yang dihasilkan dari reaksi terang, membentuk glukosa. Reaksi ini disebut reaksi gelap karena tidak bergantung pada ada tidaknya cahaya sehingga dapat terjadi meskipun dalam keadaan gelap (tanpa cahaya)

2.      SEJARAH FOTOSINTESIS
Para ilmuwan tidak langsung saja menemukan reaksi fotosintesis seperti berikut.
6 H2O + 6 CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6 O2
Penemuan ini bertahap dan berlangsung selama lebih dari 100 tahun lebih!

Berawal dari teori Aristoteles dan para filsuf dari Yunani 2000 tahun lalu yang menyatakan bahwa tumbuhan mengabsorsi senyawa organik langsung dari tanah. Itu menyebabkan orang- orang beranggapan bahwa bahwa akar seperti “memakan” tanah. Tumbuhan hijau memeperoleh zat-zat makanan dari dalam tanah, yang berasal dari hasil penguraian organisme yang telah mati. Penguraian organisme tersebut menjadi bahan yang dapat diserap oleh akar tumbuhan hijau dilakukan oleh mikroorganisme.

Konsep fotosintesis dimulai pada abad ke-17 ketika Jan van Helmont menyatakan bahwa pertumbuhan tumbuhan disebabkan adanya air dan bukan tanah. Selain itu, pada tahun 1727, seorang pastur dan naturalis yang dipanggil Bapak Fisiologi Tumbuhan, Stephen Hales, menduga bahwa tumbuhan mendapatkan nutrisi dari udara dan mungkin sebuah cahaya yang masuk ke dalamnya.

Tahun 1776, pencarian tentang fotosintesis dimulai. Joseph Priestly mempublikasikan tentang eksperimen dan observasi perbedaan macam-macam udara. Beliau salah satu perintis yang melakukan eksperimen tentang gas dan mungkin juga mempunyai peran dalam penemuan oksigen. Priestly memulai eksperimen pada tahun 1771, salah satunya adalah tentang “kontaminasi” udara dari nyala lilin  terhadap keberlangsungan hidup tikus. Beliau juga menemukan bahwa udara yang terkontaminasi dapat diubah oleh tanaman. Tetapi, Priestly gagal mengungkapkan peran cahaya dalam eksperimennya.

Eksperimen Priestly mendapat perhatian Jan Ingenhousz, seorang fisikawan yang telah berhasil mempublikasikan 500 eksperimen tentang pemurnian udara. Beliau menemukan bahwa tumbuhan dapat memurnikan udara dalam hitungan jam, tetapi dengan syarat tumbuhan tersebut berwarna hijau dan harus didukung oleh cahaya matahari. Lalu pada tahun 1779, Jan Ingenhousz membuktikan bahwa pada fotosintesis dilepaskan oksigen. Hal ini dibuktikan percobaan menggunakan tanaman air Hydrilla Verticillata di bawah corong oksigen terbalik. Jika tanaman tersebut terkena cahaya, timbulah gelembung- gelembung udara yang akhirnya mengumpul di dasar tabung reaksi. Ternyata gelembung itu berisi oksigen. Beliau juga membuktikan bahwa cahaya berperan penting dalam proses fotosintesis dan hanya tumbuhan hijau yang dapat melepaskan oksigen.

Priestly sependapat dengan Ingenhousz dan pada tahun 1781 beliau melanjutkan eksperimennya lagi tentang cahaya dan tumbuhan hijau.  Bersama Ingenhousz, Priestly menkonfirmasi dugaan Hales yang dibuat pada lebih dari 52 tahun lalu. Akhirnya melalui eksperimen- eksperimen itu berhasil mengungkapkan bahwa udara yang dimurnikan oleh tanaman itu adalah karbondioksida (CO2). Dari hasil penemuan tersebut, banyak ilmuwan, baik fisikawan ataupun kimiawan, sedikit demi sedikit mengungkap misteri proses fotosintesis. Di tahun 1782 Jean Senebier mempublikasikan tentang pemurnian udara oleh tumbuhan hijau, tahun 1785 Lavoisier dari Prancis mengidentifikasi CO2, dan tahun 1796 Ingenhousz mengungkapkan bahwa CO2 adalah sumber karbon untuk tumbuhan. Yang menarik dari eksperimen ini adalah bukan “nutrisi tanaman’ sebagai topic utama, akan tetapi tujuannya adalah pemurnian udara yang berkaitan tentang keberlangsungan makhluk hidup.

Penemuan lain yang tak kalah pentingnya adalah seorang ahli kimia dari Geneva, N. T. de Saussure, pertama kalinya mengungkapkan komponen yang mendekati fotosintesis. Beliau menyimpulkan bahwa air (H2O) dibutuhkan dalam proses pemurnian udara. Sehingga terbentuk proses : CO2 + H2O →  O2 + senyawa organic

Saat itu belum diketahui bahwa senyawa organic itu ialah C6H12O6 (glukosa). Akhirnya seorang ahli bedah asal Jerman, Julius Robert Mayer mengklarifikasi energi yang berhubungan dengan fotosintesis. Pada tahun 1842, beliau mengungkapkan bahwa energi yang digunakan oleh tumbuhan dan hewan dalam metabolisme mereka adalah turunan dari energi matahari yang ditransformasi ke dalam fotosintesis (dari radiasi ke bentuk kimia).

Lalu, berbagai eksperimen yang menguak tentang misteri proses fotosintesis semakin berkembang. Pada tahun 1822, Engelmann berhasil membuktikan bahwa klorofil merupakan faktor yang harus ada dalam proses fotosintesis. Beliau melakukan percobaan dengan ganggang hijau Spirogyra dan kloroplasnya berbentuk pita melingkar seperti spiral. Dalam percobaan tersebut, beliau mengamati bahwa hanya kloroplas yang terkena cahaya mataharilah yang mengeluarkan oksigen. Hal itu terbukti dari banyaknya bakteri aerob yang bergerombol di sekitar kloroplas yang terkena cahaya matahari.

Di tahun 1860, seorang ahli botani Jerman bernama Julius von Sachs berhasil membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum (zat tepung). Adanya amilum ini dapat dibuktikan dengan uji yodium,  sehingga percobaan Sachs ini juga disebut uji yodium.

Theodore de Smussure, seorang ahli kimi dan fisiologi tumbuhan dari Swiss menunjukan bahwa air diperlukan dalam proses fotosintesis. Penemuan ini diteliti lebih lanjut sehingga pada tahun 1937, seorang dokter berkebangsaan Inggris bernama Robert Hill berhasil membuktikan bahwa cahaya matahari diperlukan untuk memecah air (H2O) menjadi hydrogen (H) dan oksigen (O2). Pemecahan ini disebut fotolisis.

Pada tahun 1905, seorang fisiologis berkebangsaan Inggris, F. F. Blackman membuktikan bahwa perubahan karbondioksida (CO2) menjadi glukosa (C6H12O6) berlangsung tanpa cahaya matahari. Peristiwa ini sering disebut sebagai reduksi karbondioksida. Dengan demikian dalam fotosintesis, ada dua macam reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Yang merupakan reaksi terang (reaksi Hill) adalah fotolisis, yang merupakan reaksi gelap (reaksi Blackman) adalah reduksi karbondioksida. Gabungan antara reaksi terang dan gelap itulah yang kita kenal sebagai reaksi fotosintesis.

Blackman juga berteori bahwa pada intensitas cahaya sedang, reaksi terang membatasi atau melajukan seluruh proses. Dengan kata lain, pada intensitas ini reaksi gelap mampu menangani semua substansi intermediate yang dihasilkan reaksi cahaya. Akan tetapi, dengan meningkatnya intensitas cahaya pada akhirnya akan tercapai suatu titik dimana reaksi gelap berlangsung pada kapasitas maksimum. Pada tahun 1940, Melvin Calvin dan timnya berhasil menemukan urutan reaksi atau proses yang berlangsung pada reaksi gelap. Rangkaian reaksi itu selalu berulang terus menerus disebut siklus Calvin.

Daftar Pustaka :
- Hopkin, W.G., Huner, N.P.A. (2004). Introduction to Plant Physiology. Third Edition. John Wiley and Sons, Inc. United State of America

7 komentar:

  1. saya akan menambahkan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis, yaitu Kadar fotosintat (hasil fotosintesis)
    Jika kadar fotosintat seperti karbohidrat berkurang, laju fotosintesis akan naik. Bila kadar fotosintat bertambah atau bahkan sampai jenuh, laju fotosintesis akan berkurang.
    .
    terimakasih . by : Akbar (2/8.3)
    sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Fotosintesis

    BalasHapus
  2. blog nya menarik. mudah dipahami dan enak dibacanya.


    by: Mustika (1/8.3)

    BalasHapus
  3. Assalammualikum,
    Dalam proses fotosintesis, tumbuhan mengambil CO2 & O2 dari udara, serta air & unsur-unsur dari dalam tanah dengan cara 'Disfusi', 'Osmosis', & 'Transpor Aktif', Dan berikut penjelasannya:

    a). Difusi
    Difusi adalah bergeraknya suatu zat dari suatu titik ke titik yang lain secara bebas yang disebabkan oleh gerak kinetik.
    Peristiwa difusi pada tumbuhan sangat penting. CO2 & O2 diambil oleh tumbuhan dari udara melalui proses difusi, disebabkan gas CO2/O2 di udara yang masuk ke dalam tubuh tumbuhan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada di dalam sel tumbuhan.

    b). Osmosis
    Difusi pelarut dari larutan berkosentrasi tinggi ke larutan berkosentrasi rendah melalui selaput semipermeabel. Sel tumbuhan yang dimasukkan ke larutan hipertonis akan mengalami plasmolisis sehingga mengerut, jika sel tumbuhan dimasukkan ke larutan hipotonis, sel akan menggembung.

    c). Transpor Aktif
    Sistem transportasi zat-zat dengan cara menembus membran penghalang dengan menggunakan energi ATP (molekul pembawa energi di dalam sel)

    *sumber: Buku paket erlangga, IPA SMP kelas VIII. Penulis: Istamar Syamsuri, dkk.

    Terimakasih
    Khairunnisa N.Y
    kel.3/VIII.3/SMPN2 Depok.

    BalasHapus
  4. Assalammualaikum,
    saya hanya ingin menambahkan bahwa proses fotosintesis tidak dapat berlangsung pada setiap sel, tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen fotosintetik. Sel yang tidak mempunyai pigmen fotosintetik ini tidak mampu melakukan proses fotosintesis

    Terimakasih
    Shereen Christianty
    kelompok 1/8.3/SMPN 2 Depok

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum,
    saya hanya ingin meminta agar penjelasan tentang kloropas.
    seharusnya dapat ditambahkan fungsi kloropas.

    Terima kasih
    Feski Josua
    Kelompok 1/8.3/no.absen 13/SMPN 2 Depok

    BalasHapus
  6. dari design menarik sudah memenuhi halaman dan tulisan disusun dengan rapih dan tidak membosankan untuk dibaca, tetapi terlalu polos pada dasar halaman untuk tulisan dan kurang diberi design. dari materi tntang fotosintesis kurang adanya gambar dan pemberitahuan lebih jelas mengenai fotosintesis,dan kurangnya informasi bahwa fotosintesis tidak dapat terjadi pada sel semuanya

    by : irvan (absen 19, kel.4/8.3)

    BalasHapus
  7. aku hanya ingin tahu kalau bagian tumbuhan yang sangat banyak klorofilnya itu di jaringan palisade atau spons?

    by: kevin (absen 21, kel 2/8.3)

    BalasHapus